Biografi KH A Rifai Romly


KH. A. Rifa’i Romly adalah putra pertama KH. Romly Tamim dari Ibu Ny. Chodijah, Suwaru Mojoagung. Lahir di Rejoso pada tanggal 22 April 1942. Pada masa kecilnya di didik dan diasuh langsung oleh KH. Romly Tamim. setelah beranjak dewasa, kyai Rifai melanjutkan pendidikannya di Madrasah Ibtida’iyah dan Muallimin (setingkat SLTP) di Darul ‘Ulum, kemudian mondok di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Setelah cukup menempa diri di pendidikan tradisional, pendidikan formalnya dilanjutkan ke Fakultas Ushuluddin UNDAR dan IAIN Sunan Ampel Kediri. Beliau juga pernah di Fakultas Hukum UNDAR Jombang. .
.
Kyai Rifai berkiparah di Darul ‘Ulum mulai tahun 1972 sebagai Kepala Sekolah SMP Darul ‘Ulum 1. Kemudian menjadi Ketua Umum Ikatan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum (IKAPPDAR) pada tahun 1976, dan Menjadi Mursyid Toriqoh Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah menggantikan almarhum Dr. KH. Musta’in Romly pada tahun 1985.
.
Sementara diluar Darul Ulum, kyai Rifai juga pernah menjadi anggota DPRD Jombang mulai tahun 1972 sampai tahun 1992 dan menjadi anggota DPRD Jawa timur mulai tahun 1992 sampai wafatnya.

KH. A. Rifa’i Romly adalah sosok yang sangat bersahaja, memandang hidup apa adanya sehingga terkesan tanpa beban. Kalau berceramah kerap kali menggunakan bahasa yang elementer dan akrab dengan bahasa harian orang – orang Jawa Timur, karenanya mudah dipahami mulai dari jamaah Toriqoh Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah maupun santri-santri Darul ulum. Dalam memompa semangat murid-muridnya di medan perjuangan, Beliau selalu berujar “DUK TALI LAYANGAN AWAK SITUK ILANG–ILANGAN“ (Duk tali untuk layang-layang, badan satu perlu dikorbankan sampai darah penghabisan dalam perjuangan). .
.
KH. A. Rifa’i Romly wafat pada 12 Desember 1995 dengan meninggalkan istri bunyai Hj Ummu Aiman binti KH Mahrus Aly Lirboyo kediri, dan meninggalkan delapan putra yaitu :
– Ning Nawang Wulan Jannatul Firdaus – Ning Cholilatussaidah
– Gus Syarif Hidayatulloh
– Gus Rokhmatul Akbar
– Gus Kenedy Muammar Kadafi
– Ning Nurlaili Kamali – Ning Yulinah Kasinah – Ning Indira Zulikha

illa ruhi KH A Rifai Romly… Al Fatihah

Sumber: ubaidillah-musyafir.blogspot.com
#santri #Alfurqon27

Tinggalkan komentar